Dibalik Penuturan Calbuth Di Komiknya

Dibalik Penuturan Calbuth Di Komiknya

calbuth.net Pada kesempatan kali ini,dengan waktu yang sudah kami gunakan untuk bisa dapat mencari artikel yang informatif,kami sudah merangkumnya menjadi sebuah artikel yang bahasan dan ulasannya berhubungan dan berkaitan dengan Dibalik Penuturan Calbuth Di Komiknya. Beberapa artikel berikut ini adalah kumpulan informasi mengenai Dibalik Penuturan Calbuth Di Komiknya

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan fungsi tindak ilokusi tuturan karakter Spongebob yang ada dalam teks bahasa sumber, mengidentifikasi teknik penerjemahan tuturan yang digunakan dan mengungkapkan dampak dari pengunaan teknik tersebut terhadap keakuratan dan keberterimaan terjemahan tuturan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komik Calbuth Amazing Journey karya Stephen Hillenburg dan terjemahannya Petualangan Seru yang diterbitkan oleh Komik Calbuth Warna Team. Adapun data dalam penelitian ini adalah semua tuturan karakter Calbuth dalam komiknya dan penilaian rater yang didapat melalui kuesioner. Analisis dilakukan bersamaan dengan melihat keterkaitan antar bagian dalam data atau elemen-elemen yang terlibat didalamnya. Analisis ini dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Model analisis ini sesuai dengan model analisis etnografi yang diusulkan oleh Spradley. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat empat jenis tindak ilokusi yaitu assertif, direktif, komisif, dan ekspresif. Adapun teknik yang digunakan untuk menerjemahkan tuturan karakter Spongebob adalah kombinasi dua teknik (58 kasus), literal (51 kasus) peminjaman murni (17 kasus), kalke (12 kasus), kombinasi 3 teknik (11 kasus), peminjaman naturalisasi (6 kasus), modulasi (6 kasus), padanan lazim (1 kasus), dan variasi (1 kasus) . Sementara itu, analisis kualitas terjemahan menunjukkan bahwa tingkat keakuratan dan keberterimaan terjemahan tuturan tergolong tinggi. Hanya terdapat 11 data yang diketegorikan kedalam terjemahan yang kurang dan tidak akurat dan 12 data yang tergolong dalam terjemahan yang kurang dan tidak berterima. Tingkat keakuratan dan keberterimaan yang lebih dari 85% dari total data mengimplikasikan bahwa secara umum hasil terjemahan tuturan bisa dikatakan bagus. Kombinasi dua teknik dan literal adalah dua teknik yang paling dominan dalam menghasilkan terjemahan yang akurat dan berterima. Penelitian ini hanya menggunakan data tuturan-tuturan Spongebob sebagai tokoh utama dalam Komik Calbuth. Tuturan-tuturan tokoh lain dalam Komik Calbuth Amazing Journey masih dapat dijadikan sebagai data untuk penelitian selanjutnya.

Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang. Wayang berperan dalam pendidikan moral, budi pekerti, mental dan watak (karakter). Pendidikan karakter menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa dan diharapkan menjadi pondasi utama dalam membentuk manusia berkualitas. Mengingat pentingnya pendidikan karakter, penulis memberikan alternatif media yang lebih disukai anak yaitu media Komik Calbuth. Penulis memilih jenis karya buku Komik Calbuth dengan pertimbangan beberapa dekade ini Komik Calbuth Indonesia mati suri padahal keberadaannya yang beredar massal, mudah dimengerti dan diterima segala lapisan masyarakat, terutama anak-anak. Penulis memiliki tujuan untuk menuangkan ide serta kreativitas dalam penyusunan karya buku Komik Calbuth Banjaran Gatotkaca dalam chibi character dan menghasilkan karya Komik Calbuth, berbentuk desain buku Komik Calbuth berukuran A4 dengan 70-an halaman. Penulis menggunakan teknik hybrid, teknik tersebut adalah gabungan antara teknik tradisional (manual) dengan teknik digital. Peralatan manual yang digunakan adalah pensil, drawing pen, karet penghapus, rautan, cutter, penggaris serta dilengkapi dengan peralatan digital berupa scanner dan komputer sedangkan bahan yang digunakan adalah kertas gambar ukuran A4 untuk sket dan kertas HVS ukuran A4 untuk karya jadi. Tahapan proses berkarya dimulai dari gagasan, pengumpulan data, reduksi data, pembuatan storyboard, karakter cerita, sket, penintaan, scanning, editing dan penulisan teks, penyusunan halaman dan pencetakan karya. Dalam proyek studi ini, penulis berhasil membuat karya Komik Calbuth Banjaran Gatotkaca yang menceritakan tokoh Gatotkaca dari lahir hingga mati. Komik Calbuth tersebut menggunakan karakter chibi, terdiri 6 chapter dengan total 76 halaman. Penggunaan karekter chibi yang bersifat imut (cute), lucu sesuai untuk anak-anak sehingga penerapan pendidikan karakter bagi anak dapat dilakukan dengan mengajarkan karakter pada anak dan memberikan keteladanan melalui Komik Calbuth Banjaran Gatotkaca. Penulis berharap karya Komik Calbuth dapat menjadi media alternatif untuk mewujudkan/membentuk karakter anak, diharapkan dapat digunakan sebagai desain Komik Calbuth yang nantinya dapat diterbitkan, serta untuk yang berminat membuat Komik Calbuth dengan chibi character dapat membuatnya dengan menggunakan tokoh lain dan dapat dibuat dalam format berwarna.

Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan data hasil wawancara, dokumen dan catatan lapangan diperoleh bahwa fasilitas belajar yang diberikan guru dalam pembelajaran menulis narasi kurang optimal. Permasalahan tersebut juga didukung data hasil perolehan belajar siswa kelas IV SDN 1 Ngawen Kabupaten Blora, ditunjukkan dengan data dari 36 siswa, 11 siswa dapat mencapai KKM, 25 siswa tidak dapat mencapai KKM sehingga perlu adanya pengembangan media berupa Komik Calbuth cerita anak untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi sebagai media pembelajaran keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN 1 Ngawen. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk Komik Calbuth cerita anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development, dengan tahapan: (1) tahap persiapan yaitu, observasi awal, pembuatan perangkat pembelajaran, membuat instrumen uji coba, validasi produk, revisi I dan (2) tahap pelaksanaan yaitu, uji coba skala kecil, revisi hasil uji skala kecil, uji coba skala besar, revisi produk dan produk final. Populasi adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Ngawen dengan jumlah 36 siswa. Semua populasi menjadi sampel sehingga penelitian dinamakan penelitian populasi.

Baca Juga  :Aplikasi Pembuat Komik Calbut

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis produk Komik Calbuth cerita anak, analisis kuantitatif uji t-test dan uji gain. Hasil penelitian tahap I pada validasi desain menunjukkan Komik Calbuth cerita anak layak uji pakar materi, media dan bahasa dengan persentase kelayakan 100%. Pada penilaian tahap II pada validasi Komik Calbuth cerita anak memenuhi kriteria sangat layak pada aspek isi dengan persentase 89,50%, kriteria layak pada aspek kebahasaan dengan persentase 80% dan kriteria sangat layak pada aspek penyajian dengan persentase 89,50%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan Komik Calbuth cerita anak mampu mengembangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis narasi. Penggunaan Komik Calbuth cerita anak juga dapat membantu guru dalam pembelajaran menulis narasi. Komik Calbuth cerita anak juga berpengaruh tehadap hasil belajar kognitif yang dibuktikan dari adanya perbedaan rata-rata pemahaman siswa melalui uji t sebesar 6,751 dan peningkatan rata-rata sebesar 0,343 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah Komik Calbuth cerita anak layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis narasi. Saran yang diberikan yaitu hasil pengembangan Komik Calbuth cerita anak dapat digunakan sebagai media menulis narasi dengan menambah uraian materi agar pemahaman siswa semakin luas.